http://www.total.id/en-us |
Kendaraan adalah bagian yang tidak terpisahkan
dari kehidupan manusia. Teknologi kendaraan juga berkembang dengan pesat
seiring dengan kemajuan zaman. Teknologi mesin juga mengalami perkembangan yang
sangat pesat. Kini kita bisa melihat banyak sekali pameran kendaraan, baik roda
dua atau roda empat yang memamerkan kendaraan yang bermesin canggih, interior
ekslusif dan tentuany ramah lingkungan.
Biasanya mobil adalah termasuk jenis kendaraan
yang boleh dikatakan agak sedikit mewah dibandingkan motor, karena biasanya
pembelian mobil dilakukan karena alasan mencari kenyaman atau karena sudah
lelah naik motor atau bosen naik angkutan umum.
Tentunya setiap manusia berkeinginan untuk selalu
dapat membeli kendaraan yang baru, tapi biasanya ada kendala yang menyebabkan
kita pada akhirnya harus membeli mobil bekas atau mobil second.
Ada beberapa hal yang menyebabkan kita harus
membeli mobil bekas:
1. Budget/dana yang pas-pasan.
Ini faktor utama yang menyebabkan kita pada
akhirnya harus beralih membeli mobil bekas. Dengan dana yang terbatas tapi
tetap berkeinginan harus membeli mobil, maka yang paling realistis adalah
membeli mobil bekas.
2. Bunga kredit mobil yang tinggi.
Harga mobil baru yang rata-rata diatas 100 juta
tentunya menyebabkan kita sulit untuk membeli mobil tersebut dengan cash, mau
gak mau harus dikredit selama 3-5th dengan cicilan rata-rata diatas 2 juta.
Tapi dengan nilai bunga kredit yang tinggi mau gak mau pada akhirnya kita harus
mengalihkan target mobil baru ke mobil bekas.
3. Kasus Recall Mobil Baru
Banyak kasus recal yang melanda merk mobil
ternama menyebabkan kita harus berpikir ulang untuk membeli mobil baru karena
ternyata mobil baru juga mengalami permasalahan yang sangat terkait dengan
keselamatan.
Membeli mobil bekas memang tidak bisa disamakan
dengan membeli sepeda bekas atau motor bekas, mobil mempunyai tingkat kerumitan
yang tinggi sehingga akan sangat sulit untuk bisa menilai apakah mobil bekas
yang akan kita beli betul betul dalam kondisi yang terbaik dan layak untuk
dipakai.
Ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan
untuk memulai searching mobil bekas yang jadi idaman dan tentunya dalam kondisi
prima, salah satu hal yang paling penting pada saat melakukan pengecekan
terhadap mobil bekas yang akan kita beli adalah pengecekan terhadap mesin mobil
yaitu dengan meminta buku perawatan atau list ganti oli untuk
mengecek sejauh mana pemilik mobil peduli dan serius merawat mobilnya.
Begitu pentingnya list ganti oli tersebut
sehingga terkadang banyak pemilik mobil yang membiarkan tanda ganti oli
mobilnya tergantung didalam mobil hingga mencapai jumlah yang sangat banyak dan
terkadang terlihat mengganggu pemandangan.
Pengalaman saya saat mempunyai mobil bekas
khususnya mobil keluaran tahun 90 an, perawatan yang paling utama adalah
mengganti oli mesin dan oli transmisi secara rutin minimal 5000km untuk ganti
oli mesin dan ganti oli transmisi setelah tiga kali ganti oli mesin.
Saat pertama kali saya akan membeli mobil
bekas tepatnya tahun 2009 yaitu mobil Daihatsu Charade Classy keluaran tahun 1991
berwarna biru metalik. Hal pertama yang saya lakukan saat membuka kap mobil tersebut adalah saya lihat dipstik oli mesin, dan ternyata kondisi oli mobil
tersebut sangat cair dan hitam. Saya pun bertanya kepada sang pemilik mobil
kapan terakhir kali ganti oli? Pemilik mobil menjawab “saya lupa”, kemudian
saya coba cari tanda bukti penggantian oli yang biasanya menggantung di mobil
ternyata tidak ditemukan.
Meskipun dengan dilingkupi rasa khawatir tentang
kondisi oli mesin yang hitam pekat dan cair, pada akhirnya saya tetap memutuskan
untuk membeli mobil tersebut dengan pertimbangan harga yang tidak terlalu
mahal sesuai budget dan body yang mulus.
Hal yang paling saya takutkan dari mobil bekas adalah kondisi mesin yang tidak prima, dan ternyata prediksi saya terbukti. Baru dua minggu mobil tersebut saya beli, mobil sudah harus turus mesin karena mesin mobil saya selalu Overheat, temperatur panas dan hingga akhirnya oli mesin bercampur dengan air sehingga oli berubah menjadi berwarna coklat susu. Pengalaman tragis untuk saya dan keluarga yang baru pertama punya mobil.
Hal yang paling saya takutkan dari mobil bekas adalah kondisi mesin yang tidak prima, dan ternyata prediksi saya terbukti. Baru dua minggu mobil tersebut saya beli, mobil sudah harus turus mesin karena mesin mobil saya selalu Overheat, temperatur panas dan hingga akhirnya oli mesin bercampur dengan air sehingga oli berubah menjadi berwarna coklat susu. Pengalaman tragis untuk saya dan keluarga yang baru pertama punya mobil.
Bengkel langganan saudara yang memperbaiki mesin
mobil akhirnya tetap merekomendasikan agar mesin mobil saya diganti dengan
mesin yang lebih muda yang biasa dijual di kemayoran atau senen. Akhirnya
dengan berbagai pertimbangan saya pun memutuskan untuk mengganti mesin mobil
saya dengan mesin feroza ex singapore dan ternyata sangat presisi dengan rangka
body mesin Daihatsu Charade Classy saya.
Pasca penggantia mesin mobil tersebut saya pun
akhirnya mencari informasi melalui internet dan juga teman club classy terkait
oli yang paling tepat untuk mobil tua yang saya punya dan saya pun akhirnya
memutuskan untuk memakain oleh TOTAL Quartz 5000 15W-50 yang sesuai dengan
karakter mobil saya yang cepat panas.
Saya pun rutin mengganti oli mobil saya setiap 5000km dan mengganti oli transmisi/gardan setiap 15000km dan Alhamdulillah mobil saya selalu dalam kondis prima. Perjalan pulang kampung ke Tasikmalaya yang berjarak 300km dilalui dengan baik dan tanpa mogok.
Saya pun rutin mengganti oli mobil saya setiap 5000km dan mengganti oli transmisi/gardan setiap 15000km dan Alhamdulillah mobil saya selalu dalam kondis prima. Perjalan pulang kampung ke Tasikmalaya yang berjarak 300km dilalui dengan baik dan tanpa mogok.
http://www.total.id/en-us |
Tentunya perawatan mobil dengan memilih oli yang
tepat juga harus tetap dibarengi dengan mengecek kondisi komponen mobil secara
rutin khususnya yang memiliki keterkaitan lansung dengan kinerja mesin mobil.
Mulai dari busi, tali kipas hingga kabel-kabel yang menghubungkan antara satu
komponen satu dengan komponen yang lain.
Memang tidak mudah mengetahui kualitas sebuah oli mesin
mobil. Apalagi untuk mereka yang awam tentang teknis mesin dan
perpelumasan. Sementara ini banyak di antara kita hanya terbawa arus
anjuran orang atau terpengaruh jargon marketing produsen oli. Padahal
tanpa disadari bisa bermuara pada kekecewaan.
Pada dasarnya kita harus bisa menyadari bahwa oli mesin mobil memiliki tiga fungsi penting pencegahan, yaitu friksi, korosi, dan proteksi. Ketiga fungsi tersebut tak boleh dilepaskan dalam sebuah produk oli mesin mobil. Fungsi ketiganya harus saling mengikat satu sama lain dalam sebuah formulasi yang terukur.
Tentunya pemilihan Oli Total Quart ini bisa
menjadi rujukan bagi teman-teman khususnya pemilik mobil bekas yang baru saja
membeli mobil bekas agar selalu senatiasa merawat mobil dengan mengganti
mobilnya dengan oli yang berkualitas seperti Oli Total Quart yang akan membuat mesin mobil kita selalu sehat dan berumur panjang.
Begitupun tentunya untuk pemilik mobil baru, begitu banyak produk Oli Total untuk mobil dengan bahan bakar bensin ataupun diesel yang dapat menjadi rujukan dan rekomendasi dalam pemakaian Oli mesin mobil agar mobil yang kita pakai selalu dalam kondisi prima dan umur mesin yang semakin panjang.
A.R.T sendiri terdiri dari tiga fungsi penting pencegahan
yang akan memasung musuh mesin, yaitu friksi, korosi, dan proteksi.
Dengan tiga paket formula unik tersebut, mobil yang menuangkan Total
Quartz 9000 ke dalam mesinnya bisa diajak fitnes keras setiap saat. Tak
perlu kahawatir terhadap peningkatan temperatur, gejala knocking, atau
kehilangan perfroma. Justru dengan Total Quartz 9000 Anda bisa menghemat
biaya perawatan dan belanja bahan bakar.
Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya
kerusakan dini pada mesin mobil? Cukupkah dengan lebih memperpendek
jarak pergantian oli? Perlukah kita memangkas waktu penggunaan
kendaraan, menghindari kemacetan, atau lebih sering melakukan perawatan
berat?
Sepintas pertanyaan-pertanyaan tersebut seperti bisa
dijawaban dengan, “ya.” Dan, memang tak mudah menentukan jawaban “tidak”
ketika oli yang kita anggap terbaik tetap berpotensi menghidupkan musuh
di dalam mesin. Hari ini, di saat persaingan bisnis oli semakin sengit,
menentukan produk oli mesin mobil terbaik memang menjadi masalah
tersendiri.
Tapi sejatinya problem itu hanya akan menjadi masalah bagi
mereka yang tidak mengetahui adanya serial oli Total Quartz 9000.
Sementara bagi mereka yang telah merasakan manfaat Total Quartz 9000
seolah selalu berkendara dengan mobil baru.
Total Quartz 9000 memang mampu memunculkan sensasi seperti
mengendarai mobil baru setiap waktu. Hal ini tercipta karena Total
Quartz 9000 bekerja di balik A.R.T (Age Resistance Technology), di mana
formulasi pendukung proteksi dan peningkat performa bekerja simultan
guna menjaga mesin awet muda.
Mobil adalah investasi untuk keluarga, disaat mobil kita selalu dalam kondisi prima maka kita tidak akan selalu was-was apabila akan bepergian dan yang paling utama adalah apabila kondisi mesin mobil kita selalu prima maka disaat kita membutuhkan uang maka mobil kita akan dengan mudah dijual dan dengan nilai harga yang tinggi. Oleh karenanya pemilihan Oli Total Quartz untuk mesin mobil kita selayaknya menjadi semacam patokan bagi kita dan keluarga dalam menyayangi kendaraan yang kita miliki.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan keluarga.
http://www.total.id/en-us |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar