https://www.nissan.co.id/ucl-jagonulis.html |
Hani
Adhani[1]
Tahun 2011 adalah tahun
yang membahagiakan bagi saya dan keluarga karena di tahun tersebut kami
diberikan rezeki oleh Allah SWT untuk dapat membeli mobil baru. Pilihan yang
tersulit yang harus kami putuskan adalah ketika kami harus memutuskan brand atau
merek mobil apa yang harus kami beli. Bisa dibayangkan dengan jumlah merek
mobil yang saat itu cukup banyak dan dengan harga yang kompetitif dan bonus
yang luar biasa dari masing-masing brand/merek mobil, maka pilihan untuk
memilih brand/merek mobil A, B dan C pastinya penuh dengan berbagai
pertimbangan.
Salah satu saran
terkait merek mobil datang dari mertua saya yang sangat paham dengan dunia
otomotif dan paham tentang mesin mobil. Beliau selalu merekomendasikan merek A
yang katanya paling bagus dan dengan harga jual yang stabil. Lain lagi dengan
sahabat saya yang kebetulan dia sales merek mobil B maka dia tetap
merekomendasikan merek mobil B dengan bonus dan potongan down payment (DP) yang cukup menggiurkan.
Dari berbagai pilihan
sulit yang ada tersebut, pada akhirnya
saya berupaya untuk mendiskusikan pilihan pemilihan merek mobil baru tersebut
hanya pada istri serta anak saya yang saat itu berusia 5 tahun. Anak saya yang
sebelumnya sudah merasakan mobil tua tahun 1991 merek C ingin agar mobil
tersebut tidak dijual, namun apabila tidak dijual maka saya tidak bisa beli
mobil baru untuk DP mobil tersebut. Akhirnya dengan berbagai bujuk rayu yang kami lakukan kepada anak saya, kami
berhasil menjual mobil lama merek C kami yang kemudian uang penjualannya
dipakai untuk DP mobil baru.
Pilihan
pada MPV Grand Livina
Dengan kondisi DP yang
pas-pasan hasil dari penjualan mobil tua merek C, tentunya sangat tidak mungkin
bagi kami untuk memilih mobil MPV premium berkelas. Pilihan multi purpose
vehicle (MPV) adalah pilihan yang tepat bagi kami karena selain dapat memuat
banyak orang, hal yang paling utama adalah harganya yang tidak terlalu mahal
dan irit Bahan Bakar Minyak (BBM). Setelah kami membandingkan semua mobil MPV
yang sesuai kualifikasi bibit, bobot dan bebet, [2]akhirnya
pilihannya jatuh pada Nissan Grand Livina Tipe SV, tipe terendah yang ada di
keluarga Grand Livina.
Salah satu hal yang
paling menarik perhatian kami dari mobil Grand Livina ini adalah adanya layar televisi
(TV) ditengah mobil yang bisa ditonton oleh penumpang belakang. Saya dan istri
berpikir bahwa tambahan fasilitas TV ini sungguh diluar ekspektasi kami sebagai
pembeli pemula. Layar TV dalam mobil bagi kami adalah suatu kemewahan, karena
kami selalu melihat bahwa layar TV dalam mobil biasanya hanya terpasang pada
mobil premium dengan harga yang selangit. Bagi kami, keberanian Nissan untuk
memberikan tambahan fasilitas layar TV dan DVD di mobil Grand Livina semua tipe
adalah hal yang luar biasa dan diluar ekspektasi kami sebagai pembeli mobil
pemula. Tentunya hal tersebut bukan hanya membuat anak kami senang karena bisa
nonton film kesayangannya, tetapi lebih jauh lagi kami akhirnya sangat
membanggakan mobil kami tersebut.
Pilihan kami untuk
memilih mobil Nissan Grand Livina Tipe SV ini pasti akan menuai banyak
pertanyaan dari mertua, keluarga dan teman-teman saya. Apalagi saat itu kami
memilih warna putih yang notabene dianggap warna yang tidak umum dan tidak
populer. Mertua saya malah mengejek mobil itu seperti angkutan umum di Kota
Tasikmalaya yang juga berwarna putih hehehe namun saya dan istri tetep keuekeh[3] untuk
memilih warna putih tersebut.
Layanan
Purna Jual Nissan
Apabila melihat brand
atau merek Nissan, terus terang saya tidak terlalu banyak tahu tentang Nissan.
Satu-satunya mobil yang saya kenal merek Nissan hanyalah Nissan GT-R[4], mobil
balap yang terkenal sangat kencang dan berharga mahal. Sebelum memutuskan untuk
membeli mobil tersebut, sempat juga timbul pertanyaan dalam hati, bagaimana
dengan layanan purna jual Nissan?.
Satu hal yang saya tahu
umur brand Nissan masihlah sangat muda, saat itu di tahun 2011 mungkin belum
berusia 10 tahun. Hal yang meyakinkan kami saai itu adalah penjelasan yang
sangat terang benderang dari sales nissan cikarang saat itu Ibu Anna yang
menjelaskan bahwa layanan purna jual Nissan akan lebih baik dari brand atau
merek lainnya.
Penjelasan ibu Anna
tersebut menjadi modal awal bagi saya dan keluarga untuk menaruh kepercayaan
kepada Nissan, dan ternyata kepercayaan itu terbayarkan. Pada saat service
pertama di Nissan Cikarang saya merasakan pelayanan yang prima dari para staf
Nissan mulai dari satpam sampai teknisi/mekanik, ditambah dengan tempat/dealer yang
representatif dan nyaman membuat saya dan keluarga nyaman berlama-lama di dealer
Nissan. Belum lagi berbagai bonus service berkala yang juga disediakan oleh Nissan semakin menambah keyakinan kami akan layanan purna jual Nissan (https://www.nissan.co.id/aftersales.html )
Selain itu, hal lain yang membuat kami nyaman berada di area dealer Nissan adalah adanya tempat mainan anak, kursi pijat, serta tambahan snack, kopi dan teh yang free membuat kami konsumen Nissan semakin dimanjakan. Hospitality yang luar biasa dari Nissan.
Selain itu, hal lain yang membuat kami nyaman berada di area dealer Nissan adalah adanya tempat mainan anak, kursi pijat, serta tambahan snack, kopi dan teh yang free membuat kami konsumen Nissan semakin dimanjakan. Hospitality yang luar biasa dari Nissan.
Sejauh ini saya tidak
pernah mengalami keluhan terhadap mobil saya Nissan Grand Livina Tipe SV ini. Malah
saya sudah melakukan banyak modifikasi terhadap mobil tersebut sehingga mobil
ini menjadi rumah kedua bagi keluarga kami. Anak saya sekarang sudah dua, dan
keduanya sangat bangga dan senang dengan mobil Grand Livina kami.
Usia mobil kami saat
ini sudah berusia 6 tahun dan sudah melakukan service 70 ribu dan Alhamdulilah
sejauh ini tidak ada keluhan. Mobil tersebut saat ini digunakan setiap hari
untuk antar jemput anak kami yang berjarak 5 km dari rumah kami, sementara
untuk jarak jauh mobil kami selalu digunakan pulang kampung ke Kota Tasikmalaya
setiap bulan, sedangkan perjalanan terjauh keluarga kami dengan menggunakan
mobil Grand Livina adalah wisata ke Yogyakarta dan Bandar Lampung.
Ketika service 70 ribu,
saya, istri serta anak-anak sempat melihat mobil Nissan lain yaitu MPV Premium
Serena dan SUV Xtrail. Ada mimpi besar dari kami untuk juga merasakan dan
memiliki kedua mobil tersebut, meskipun kami tetap berpandangan bahwa salah
satu inovasi yang menggairahkan (Innovation
That Excites) dan luar biasa dari
Nissan adalah ketika Nissan dapat berinovasi mencipatakan mobil kebanggaan keluarga
kami yaitu Nissan Grand Livina yang mana kami sekeluarga sangat menikmati
perjalanan (enjoy the ride) kami
bersama Nissan Grand Livina.
***
[1] Pemilik
Nissan Grand Livina tipe SV Tahun 2011 warna putih beralamat di Komplek
Perumahan Mahkamah Konstitusi Blok III Nomor 8 Jalan RA Kartini, Rawa Panjang,
Kota Bekasi – HP : 0812 831 50 373;
[2] Falsafah
Jawa yang berkaitan dengan upaya mencari jodoh;
[3] Istilah
dalam bahasa sunda yang artinya tidak bisa dilarang atau ngotot.
[4] Nissan
GT-R adalah mobil sport yang dibuat oleh Nissan, dikeluarkan di Jepang pada 6
Desember 2007, Amerika Serikat pada 7 Juli 2008, dan seluruh dunia pada Maret
2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar