Nissan

https://www.nissan.co.id/ucl-jagonulis.html

Selasa, 04 April 2017

LAYANAN PURNA JUAL NISSAN



Hani Adhani[1]

Tahun 2011 adalah tahun yang membahagiakan bagi saya dan keluarga karena di tahun tersebut kami diberikan rezeki oleh Allah SWT untuk dapat membeli mobil baru. Pilihan yang tersulit yang harus kami putuskan adalah ketika kami harus memutuskan brand atau merek mobil apa yang harus kami beli. Bisa dibayangkan dengan jumlah merek mobil yang saat itu cukup banyak dan dengan harga yang kompetitif dan bonus yang luar biasa dari masing-masing brand/merek mobil, maka pilihan untuk memilih brand/merek mobil A, B dan C pastinya penuh dengan berbagai pertimbangan.

Salah satu saran terkait merek mobil datang dari mertua saya yang sangat paham dengan dunia otomotif dan paham tentang mesin mobil. Beliau selalu merekomendasikan merek A yang katanya paling bagus dan dengan harga jual yang stabil. Lain lagi dengan sahabat saya yang kebetulan dia sales merek mobil B maka dia tetap merekomendasikan merek mobil B dengan bonus dan potongan down payment (DP) yang cukup menggiurkan.

Dari berbagai pilihan sulit yang ada tersebut, pada  akhirnya saya berupaya untuk mendiskusikan pilihan pemilihan merek mobil baru tersebut hanya pada istri serta anak saya yang saat itu berusia 5 tahun. Anak saya yang sebelumnya sudah merasakan mobil tua tahun 1991 merek C ingin agar mobil tersebut tidak dijual, namun apabila tidak dijual maka saya tidak bisa beli mobil baru untuk DP mobil tersebut. Akhirnya dengan berbagai bujuk rayu  yang kami lakukan kepada anak saya, kami berhasil menjual mobil lama merek C kami yang kemudian uang penjualannya dipakai untuk DP mobil baru.

Pilihan pada MPV Grand Livina

Dengan kondisi DP yang pas-pasan hasil dari penjualan mobil tua merek C, tentunya sangat tidak mungkin bagi kami untuk memilih mobil MPV premium berkelas. Pilihan multi purpose vehicle (MPV) adalah pilihan yang tepat bagi kami karena selain dapat memuat banyak orang, hal yang paling utama adalah harganya yang tidak terlalu mahal dan irit Bahan Bakar Minyak (BBM). Setelah kami membandingkan semua mobil MPV yang sesuai kualifikasi bibit, bobot dan bebet, [2]akhirnya pilihannya jatuh pada Nissan Grand Livina Tipe SV, tipe terendah yang ada di keluarga Grand Livina.


Salah satu hal yang paling menarik perhatian kami dari mobil Grand Livina ini adalah adanya layar televisi (TV) ditengah mobil yang bisa ditonton oleh penumpang belakang. Saya dan istri berpikir bahwa tambahan fasilitas TV ini sungguh diluar ekspektasi kami sebagai pembeli pemula. Layar TV dalam mobil bagi kami adalah suatu kemewahan, karena kami selalu melihat bahwa layar TV dalam mobil biasanya hanya terpasang pada mobil premium dengan harga yang selangit. Bagi kami, keberanian Nissan untuk memberikan tambahan fasilitas layar TV dan DVD di mobil Grand Livina semua tipe adalah hal yang luar biasa dan diluar ekspektasi kami sebagai pembeli mobil pemula. Tentunya hal tersebut bukan hanya membuat anak kami senang karena bisa nonton film kesayangannya, tetapi lebih jauh lagi kami akhirnya sangat membanggakan mobil kami tersebut.

Pilihan kami untuk memilih mobil Nissan Grand Livina Tipe SV ini pasti akan menuai banyak pertanyaan dari mertua, keluarga dan teman-teman saya. Apalagi saat itu kami memilih warna putih yang notabene dianggap warna yang tidak umum dan tidak populer. Mertua saya malah mengejek mobil itu seperti angkutan umum di Kota Tasikmalaya yang juga berwarna putih hehehe namun saya dan istri tetep keuekeh[3] untuk memilih warna putih tersebut.

Layanan Purna Jual Nissan

Apabila melihat brand atau merek Nissan, terus terang saya tidak terlalu banyak tahu tentang Nissan. Satu-satunya mobil yang saya kenal merek Nissan hanyalah Nissan GT-R[4], mobil balap yang terkenal sangat kencang dan berharga mahal. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut, sempat juga timbul pertanyaan dalam hati, bagaimana dengan layanan purna jual Nissan?.  

Satu hal yang saya tahu umur brand Nissan masihlah sangat muda, saat itu di tahun 2011 mungkin belum berusia 10 tahun. Hal yang meyakinkan kami saai itu adalah penjelasan yang sangat terang benderang dari sales nissan cikarang saat itu Ibu Anna yang menjelaskan bahwa layanan purna jual Nissan akan lebih baik dari brand atau merek lainnya.

Penjelasan ibu Anna tersebut menjadi modal awal bagi saya dan keluarga untuk menaruh kepercayaan kepada Nissan, dan ternyata kepercayaan itu terbayarkan. Pada saat service pertama di Nissan Cikarang saya merasakan pelayanan yang prima dari para staf Nissan mulai dari satpam sampai teknisi/mekanik, ditambah dengan tempat/dealer yang representatif dan nyaman membuat saya dan keluarga nyaman berlama-lama di dealer Nissan. Belum lagi berbagai bonus service berkala yang juga disediakan oleh Nissan semakin menambah keyakinan kami akan layanan purna jual Nissan (https://www.nissan.co.id/aftersales.html )

Selain itu, hal lain yang membuat kami nyaman berada di area dealer Nissan adalah adanya tempat mainan anak, kursi pijat, serta tambahan snack, kopi dan teh yang free membuat kami konsumen Nissan semakin dimanjakan. Hospitality yang luar biasa dari Nissan.  

Sejauh ini saya tidak pernah mengalami keluhan terhadap mobil saya Nissan Grand Livina Tipe SV ini. Malah saya sudah melakukan banyak modifikasi terhadap mobil tersebut sehingga mobil ini menjadi rumah kedua bagi keluarga kami. Anak saya sekarang sudah dua, dan keduanya sangat bangga dan senang dengan mobil Grand Livina kami. 


Usia mobil kami saat ini sudah berusia 6 tahun dan sudah melakukan service 70 ribu dan Alhamdulilah sejauh ini tidak ada keluhan. Mobil tersebut saat ini digunakan setiap hari untuk antar jemput anak kami yang berjarak 5 km dari rumah kami, sementara untuk jarak jauh mobil kami selalu digunakan pulang kampung ke Kota Tasikmalaya setiap bulan, sedangkan perjalanan terjauh keluarga kami dengan menggunakan mobil Grand Livina adalah wisata ke Yogyakarta dan Bandar Lampung.

Ketika service 70 ribu, saya, istri serta anak-anak sempat melihat mobil Nissan lain yaitu MPV Premium Serena dan SUV Xtrail. Ada mimpi besar dari kami untuk juga merasakan dan memiliki kedua mobil tersebut, meskipun kami tetap berpandangan bahwa salah satu inovasi yang menggairahkan (Innovation That Excites) dan luar biasa dari Nissan adalah ketika Nissan dapat berinovasi mencipatakan mobil kebanggaan keluarga kami yaitu Nissan Grand Livina yang mana kami sekeluarga sangat menikmati perjalanan (enjoy the ride) kami bersama Nissan Grand Livina.

***






[1] Pemilik Nissan Grand Livina tipe SV Tahun 2011 warna putih beralamat di Komplek Perumahan Mahkamah Konstitusi Blok III Nomor 8 Jalan RA Kartini, Rawa Panjang, Kota Bekasi – HP : 0812 831 50 373;
[2] Falsafah Jawa yang berkaitan dengan upaya mencari jodoh;
[3] Istilah dalam bahasa sunda yang artinya tidak bisa dilarang atau ngotot.
[4] Nissan GT-R adalah mobil sport yang dibuat oleh Nissan, dikeluarkan di Jepang pada 6 Desember 2007, Amerika Serikat pada 7 Juli 2008, dan seluruh dunia pada Maret 2009.

Tidak ada komentar: